Banyak perusahaan yang telah
menerapkan Sistem Manajemn Mutu ISO 9001 : 2008, baru sebatas pengelolaan
dokumen dan prosedur kerja, namun tidak diikuti dengan penerapan program
continuous improvement, yang merupakan “ruh” dari ISO itu sendiri.
Akibatnya, masih ditemukan
masalah dalam proses kerja seperti : banyaknya reject dalam proses, tingginya
komplain pelanggan karena produk tidak sesuai spesifik, pengelolaan komplain
pelanggan yang buruk, investigasi penyebab masalah yang tidak tuntas, dan lain
sebagainya.
Maka dari itu, sebagai
langkah tindak lanjut, dan mengoptimalkan penerapan ISO 9001 : 2008 di
perusahan, perlu diterapkan program Continuous Improvement yang komprehensif,
dan menyeluruh di perusahaan. Selain itu, meningkatkan kemampuan karyawan dalam
hal pemecahan masalah.
Target dan harapan :
· Mengoptimalkan
penerapan ISO 9001 : 2008
· Mendapatkan
hasil maksimal dari penerapan ISO 9001 : 2008 terhadap peningkatan bisnis dan
daya saing perusahaan
Langkah-langkah Kegiatan / Activity :
·
Optimalisasi penerapan ISO 9001 : 2008 di perusahaan
·
Menerjemahkan Quality Objective menjadi Quality Activity di perusahaan
·
Menyusun rencana strategis penerapan program continuous improvement
·
Mengelola penerapan ISO dalam gerakan continual improvement
·
Penerapan langkah secara step by step dari continuous improvement untuk
menyelesaikan masalah
·
Proses review, monitoring, dan improvement penerapan ISO
·
Study kasus dan praktek continuous improvement dengan masalah di
perusahaan
·
Optimalisasi quality audit sebagai master improvement story
Demikian bila kita ingin mendapat manfaat lebih dari penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008
Enjoy dan tetap semangat !!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar