Sabtu, 06 Oktober 2012

Teknik Penyusunan KPI ( workshop case )

Penyusunan KPI untuk level pegawai pada prinsipnya sama dengan penyusunan KPI pada level bidang, yakni terdapat komponen sasaran strategis (dalam level pegawai sebutannya berubah menjadi Sasaran Kinerja/Performance Goals). Sasaran kinerja ini kemudian dilengkapi dengan KPI dan penatapan angka target yang jelas
Terdapat sejumlah tahapan untuk menyusun tabel sasaran kinerja

Langkah pertama adalah melakukan review Sasaran Strategis dari bagian/bidang dimana si pegawai bekerja. Kemudian pelajari Sasaran Strategis dan KPI yang proses pencapaiannya berhubungan dengan bidang tugas Anda.
Langkah kedua adalah melakukan review tugas inti/uraian pekerjaan anda (berdasar job description yang ada). Kemudian pelajari aktivitas utama apa saja yang menjadi tanggungjawab Anda.
Langkah ketiga adalah menyusun sasaran kinerja pegawai berdasar hasil review yang telah dilakukan pada dua tahapan sebelumnya. Seperti yang sudah dituliskan, jumlah sasaran kinerja ini antara 5 – 8 sasaran.

SASARAN PELATIHAN


1.        Memahami kaitan erat antara KPI dengan job description
2.        Mampu mengidentifikasi key performance indicators secara optimal
3.        Memahami cara mengukur dan memonitor pencapaian KPI serta target kinerja
MATERI PELATIHAN
  1. Organization Activity and performance management system
  2. Job Description & Job Result
  3. Kerangka Performance Management system
  4. Key Result Area (KRA) and Key Performance Indicator (KPI) ; Definition
  5. Designing KRA and KPI
  6. Teknik penetapan Target / Goal Setting
  7. Management Performance review

Sekedar menambah wawasan tentang sebuah workshop penyusunan KPI ( Key Performance index )

Semoga bermanfaat....

Referensi : markshare training

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar