Jumat, 21 September 2012

Self Productivity


Dalam hal peningkatan produktivitas, self productivity memegang peranan yang sangat penting.Dewasa ini kita sering melompat dari self development ke knowlede development. Tiap individu harus bisa mendorong produktivitas dirinya sendiri. Ia harus bisa menjadi driver untuk dirinya sendiri sebelum akhirnya bisa menjadi driver untuk orang lain.

Bagaimana mungkin ia bisa menjadi seorang driver bagi orang lain jika ia tidak bisa menjadi driver bagi dirinya sendiri. Untuk bisa memunculkan self productivity, seseorang tentunya harus memiliki mental driver, ia harus bisa berpikir, mencari jalan sekaligus mengambil semua risiko. Dan untuk mendapatkan mental driver ini, seseorang harus memiliki kesadaran yang dibentuk oleh self development, mulai dariself discipline hingga self confidenceSelf productivity tidak akan muncul jika bangsa ini hanya dibangun dalam platform mental passenger.

Orang yang bermental passenger dibentuk dengan hanya duduk, makan, bercanda atau bahkan tertidur. Jika kemudian suatu bangsa hanya melakukan transformasi budaya dari human passenger menjadi human driver yang memiliki self discipline danself confidence yang kuat, dipastikan bangsa ini akan bisa mendorong produktivitas dan pada akhirnya bisa timbul produktivitas dalam perusahaan dan dalam skala nasional kita akan meningkat produktivitas nasional.

Tulisan ini menurut saya cukup menarik dan dapat menginspirasi kita bersama.

Sumber :
Rhenald Kasali ; Produktivitas, Daya Saing, dan PNS ; Sindo 20 September 2012




Tidak ada komentar:

Posting Komentar