Sabtu, 15 September 2012

Mendelegasikan Pekerjaan

Saya pikir sangatlah ironis jika begitu banyak pemimpin yang stres karena gaya berpikir mereka, yaitu mereka tidak mau melakukan delegasi dari tugas-tugasnya.

Ada beberapa alasan, mengapa seorang pemimpin tidak mau mendegasikan pekerjaannya ke staffnya:
1. Merasa tidak mempunya waktu -> alasan klasik
2. Yakin bahwa hanya dirinyalah yang lebih kompeten
3. Kurang yakin terhadap kemampuan bawahan
4. Khawatir jika mereka mendelegasikan terlalu jauh pekerjaannya, mereka tidak memiliki pekerjaan yang bisa dipertahankan

Sekalipun begitu, para bawahan kita terkadang berteriak minta job yang lebih menantang dkarena pekerjaan yang lebih menantang dan lebih menggairahkan agar mereka bisa merasa lebih bertanggung jawab, lebih berprestasi dan lebih maju.

Pada saat pemimpin mengetahui akan potensi dan keinginan bawahannya untuk maju dan berkembang, maka sudah selayaknya untuk melakukan pendelegasian. Pendelegasian yang efektif adalah proses yang harus direncanakan dan bukan hanya sekedar melimpahkan tanggungjawab. 

Bila pemimpin mampu mendelegasikan pekerjaannya maka ada dua keuntungan yaitu pemberdayaan bawahan dan bisa mengurangi stres karena beban tugas.

Mari kita belajar mendelegasikan tugas kita kepada mitra kerja kita.


Renungan Sabtu malam Minggu, Sept.15.2012

Blok A9 dengan ditemani senagkir teh panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar